Iklan

Senin, 24 Juli 2023, 14.02.00 WIB
ACEH SINGKIL

H.Uma Kunker Ke Aceh Singkil Temui Pj Bupati dan Jajarannya, Bahas Aset - Aset Daerah

Iklan

Anggota DPD RI Perwakilan Aceh H.Sudirman menyerahkan Cendramata kepada Pj Bupati Aceh Singkil Drs Azmi di Pendopo Bupati, Minggu (23/7/2023).

PENAACEH Singkil- H.Sudirman atau pamiliar disapa H.Uma anggota DPD Aceh kunjungi Aceh Singkil dalam agenda reses.


Kunjungan ke Aceh Singkil disempatkan menemuinya Pj Bupati Aceh Singkil Drs Azmi dan sejumlah Jajarannya. Minggu (23/7/2023).


Adapun kunker yang dilaksanakannya itu untuk melihat pengelolaan aset daerah di Kabupaten Aceh Singkil hal itu dilakukan merujuk kepada UU nomor 1 tahun 2004 tentang perbendaharaan negara, sesuai dengan tupoksi kerja Anggota DPD RI di  Komite IV yang membidangi keuangan dan Perbendaharaan Negara. 


Kata dia dari laporan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), ada potensi kerugian negara akibat ketidakpatuhan pengelolaan aset dan juga ada aset yang hilang atau dikuasai orang lain serta ada pembelian aset yang berstatus sengketa ditambah pencatatan yang kurang akurasi nya. 


Sehingga tujuan reses tersebut untuk melihat bagaimana aset daerah ini dikelola dengan baik kemudian melihat aset mana sajakah yang tidak lagi dimanfaatkan dan tidak layak masuk pencatatan.

 

Dari laporan Pj Bupati dan Badan Keuangan, ternyata ada aset yang sudah tidak lagi bermanfaat dan terbengkalai seperti pasar, sekolah dan ada aset tanah seluar 2 hektare berada di wilayah Pemko Subulussalam.


Sehingga ini akan kita laporkan ke Pusat dan bagaimana bisa mensuport, agar aset ini tidak menjadi benda mati dan tetap bisa bermanfaat.


Disamping itu ada potensi menarik yang bisa dikembangkan Aceh Singkil. Seperti adanya jalur perdagangan antara Nias-Singkil. Ini bisa menjadi perkembangan ekonomi yang sangat bagus. “Satu juta orang di Nias Sumut bisa menjadi basis ekonomi, potensi ini sangat bagus,"ucap H Uma.


Ini akan kita perjuangkan namun perlu dibuat blueprint (kerangka kerja terperinci) untuk merasionalkan dan perlu menggandeng pakar dan akademisi untuk desain agar realistis untuk pertanggung jawaban. 


Pantauan PENAACEH, usai pertemuan itu H.Uma Menyerahkan Cendramata kepada Pj Azmi disaksikan Dandim 0109 Singkil Letkol Inf Moh Mulyono, Asisten I Junaidi, Kepala Bappeda Ahmad Rivai, Kaban Keuangan Hendra Sunarno, Kabid PUPR Erwin Syahputra, serta tokoh masyarakat.(Redaksi).

Close Tutup Iklan