Iklan

Selasa, 07 Mei 2024, 10.50.00 WIB
ADVPENDIDIKAN

Sekolah di Aceh Singkil Gelar Ujian Akhir Sekolah Secara Online

Iklan

gambar ilustrasi

  

Aceh Singkil – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Anshar yang berlokasi di Desa Lae Balno, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, berhasil mengadakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) untuk tahun pelajaran 2023/2024. Ujian ini berlangsung selama enam hari, mulai dari Senin, 6 Mei 2024, hingga Selasa, 14 Mei 2024.


"Ujian Akhir Sekolah ini digelar secara online dan lokasi ujiannya juga dilaksanakan di SMP Al-Anshar," ujar Kepala SMP Al-Anshar, Azwar Ramnur, Selasa (7/5/2024).


Azwar menjelaskan bahwa pemilihan metode ujian online dilakukan karena dianggap lebih efisien dalam penggunaan kertas dan fotokopi, mengingat soal-soalnya sudah diunggah langsung ke server. Idealnya, ujian online ini menggunakan komputer Chromebook karena lebih efisien. Namun, SMP Al-Anshar belum memiliki komputer Chromebook, sehingga mereka menggunakan komputer biasa atau laptop dengan aplikasi Socrative sebagai servernya.


Azwar menilai bahwa ujian online memiliki beberapa kelebihan, seperti mendorong semangat belajar siswa dan memperkenalkan pemanfaatan teknologi kepada mereka. "Kita hanya pakai beberapa laptop. Andai ada sarana lebih baik, tentu hasilnya lebih bagus lagi," ungkap Azwar.


Namun, pelaksanaan ujian online di Lae Balno tidak tanpa kendala. Azwar mengakui bahwa keterbatasan sarana seperti laptop dan lemahnya jaringan internet menjadi tantangan utama. Meskipun demikian, kendala ini diatasi dengan menggunakan hotspot dari handphone dengan jaringan seluler.

Close Tutup Iklan