Iklan

Senin, 10 Juni 2024, 11.38.00 WIB
ADVDinas Pendidikan Aceh SingkilPENDIDIKAN

Disdikbud Aceh Singkil Verifikasi Berkas Beasiswa ADik

Iklan


 


Aceh Singkil - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil sedang melakukan verifikasi berkas sebanyak 281 pendaftar beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Pendaftar beasiswa ini sebelumnya telah mendaftar secara online dan kini menyerahkan berkas fisik ke Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Aceh Singkil.


"Saat ini kami sedang memverifikasi berkas, mencocokkan pendaftaran online dengan fisik yang telah diserahkan ke Disdikbud," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, H Edi Widodo SKM Mkes, kepada Waspada.id di ruang kerjanya, Senin (10/6/2024).


Dari 281 pendaftar ini, akan diseleksi 20 orang sesuai dengan kuota yang diberikan untuk Aceh Singkil. Menurut informasi dari situs resmi, kuota 20 calon penerima beasiswa ini akan ditampung di 95 universitas negeri dan swasta untuk berbagai jurusan.


Proses Seleksi dan Verifikasi


Kabid Dikdas Sriaton Manik menjelaskan bahwa Disdikbud Aceh Singkil tidak mengetahui secara pasti proses seleksi yang dilakukan oleh pihak universitas. Oleh karena itu, dipastikan bahwa penentuan kelulusan pendaftar beasiswa Adik ini tidak ada pesanan ataupun titipan.


"Yang menentukan kelulusan adalah masing-masing perguruan tinggi. Mereka akan melakukan verifikasi ulang berkas pendaftarannya. Jadi belum tentu mereka menerima, bisa saja prodi yang dipilih sudah penuh," jelas Sriaton.


Disdikbud hanya bertugas memverifikasi berkas tertulis dan mengentri data ke aplikasi. Beasiswa Adik ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses, terutama untuk wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Semua berhak mendaftar, baik anak pejabat maupun bukan, berbeda dengan penerima KIP Kuliah.


Tantangan Kuota dan Proses Pengumuman


Proses seleksi dilakukan berdasarkan nilai perangkingan rapor sekolah. Namun, ada kekhawatiran bahwa dari satu universitas satu jurusan hanya tersedia kuota untuk tiga orang, sementara pendaftar bisa lebih dari tiga. "Seperti tahun 2023 lalu, kuota 40 orang, yang lulus hanya sekitar 23 orang," kata Sriaton.


Penyerahan berkas pendaftaran ditutup pada 7 Juni 2024. Selanjutnya, Disdikbud hanya mengumumkan hasil verifikasi berkas sesuai dengan pendaftaran online. Nama-nama peserta yang telah mendaftar dan lengkap berkas akan diumumkan di kantor Disdikbud dan melalui email.


Namun, jika saat verifikasi melalui email dan telepon pendaftar tidak merespon, maka pendaftarannya dianggap gagal. Kemendikbud akan mengumumkan secara resmi calon penerima beasiswa melalui email pribadi masing-masing.


Dengan adanya verifikasi yang ketat ini, diharapkan proses seleksi beasiswa Adik dapat berjalan transparan dan tepat sasaran, membantu mereka yang benar-benar membutuhkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Close Tutup Iklan