Iklan

Jumat, 05 Juli 2024, 17.57.00 WIB
ADVPENDIDIKAN

Disdikbud Aceh Singkil Kirim Sanggar Tari ke Bhayangkara Fest 2024

Iklan


Aceh Singkil - Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bekerja sama dengan Polres Aceh Singkil mengirimkan sanggar tari untuk tampil pada kegiatan Bhayangkara Fest 2024. Acara ini diadakan di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, dari 5 hingga 8 Juli 2024, sebagai bagian dari peringatan HUT Bhayangkara ke-78.


Sebanyak 22 anggota tim tari dari Aceh Singkil diberangkatkan ke Banda Aceh pada Jumat pagi (5/7/2024). Keberangkatan mereka dilepas oleh Kadisdikbud Aceh Singkil, H. Edy Widodo, S.Km, M.Kes, dari kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil.


Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Putri Zuliana, S.Pd., yang mendampingi tim, menjelaskan bahwa sanggar tari diberangkatkan atas penunjukan dari Kapolres Aceh Singkil, AKBP Suprihatiyanto, SIK. "Alhamdullilah, Tim dari Kabupaten Aceh Singkil dipercayakan oleh Bapak Kapolres Aceh Singkil untuk berangkat ke Banda Aceh dalam rangka acara Bhayangkara yang dilaksanakan di anjungan PKA," kata Putri.


Putri menyebutkan bahwa sanggar tari akan menampilkan dua tarian khas daerah dari Kabupaten Aceh Singkil, yang dijadwalkan tampil pada Sabtu sore. "Kami menunjuk Sanggar Tari Lae Gentuyung untuk tampil di Panggung Utama Anjungan PKA. Kita berkesempatan menampilkan tarian tradisional Aceh Singkil yang baru mendapatkan Warisan Budaya Tak Benda, yaitu tari Ambe-Ambekan dan tari Menghentakkan Inai. Tampilnya insya Allah besok jam 5 sore," ujar Putri.


Putri mengapresiasi kepercayaan dan dukungan dana dari Kapolres Aceh Singkil, serta dukungan dari Dinas Perhubungan yang menyiapkan kendaraan untuk keberangkatan. Ia berharap penampilan sanggar tari nantinya akan mempromosikan tarian khas daerah Aceh Singkil kepada khalayak ramai sampai tingkat nasional.


Close Tutup Iklan