Iklan

Kamis, 25 Juli 2024, 11.28.00 WIB
ADVPENDIDIKAN

Disdikbud Aceh Singkil Pantau Program GSMS

Iklan


PENAACEH.COM, Aceh Singkil:** Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil tengah melaksanakan monitoring dan koordinasi terkait Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS). Kegiatan ini dilakukan untuk memantau pelaksanaan program GSMS di sekolah-sekolah yang terpilih di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. GSMS adalah program dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan kebudayaan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Sebanyak 23 sekolah di Aceh Singkil telah terpilih untuk berpartisipasi dalam program ini.


Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Putri, mengungkapkan kepada penaaceh.com pada Kamis (25/7/2024) bahwa tujuan utama dari monitoring ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan GSMS di berbagai sekolah. “Kami ingin memastikan bagaimana para seniman dan tim perumus melaksanakan program ini. Kami juga ingin memastikan bahwa anak-anak yang telah mendapatkan pelatihan dapat menampilkan karya seni mereka dengan baik pada pagelaran yang dijadwalkan pada bulan Oktober mendatang,” jelas Putri.


Hasil monitoring menunjukkan bahwa kegiatan GSMS di sekolah-sekolah berjalan dengan baik. Anak-anak tampak sangat antusias mengikuti latihan. “Kami melihat semangat tinggi dari para peserta latihan. Beberapa sekolah mengadakan latihan seminggu empat kali, tiga kali, bahkan dua kali. Setelah memantau, kami menemukan bahwa semua kegiatan di bawah kendali dan tidak ada masalah,” tambah Putri.


Monitoring dilakukan dalam dua hari di berbagai sekolah yang tersebar di tiga kecamatan: Singkil, Kuala Baru, dan Singkil Utara, dari tanggal 23 hingga 24 Juli 2024. “Pada hari pertama, kami mengunjungi beberapa sekolah di Kecamatan Singkil seperti SD 1 Singkil, SD 2 Singkil, SMP 2 Singkil, SMP 1 Singkil, SMP Muhammadiyah, SD Pulau Sarok, dan SD Ujung Bawang. Di hari kedua, kami melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Kuala Baru, termasuk SMP Kuala Baru, dan kemudian ke Singkil Utara, mencakup SD Ketapang Indah, SD 1 Singkil Utara, dan SMP 1 Singkil Utara,” rinci Putri.


Putri juga menyebutkan bahwa monitoring di Kecamatan Gunung Meriah dan Simpang Kanan akan dilakukan pekan depan untuk menyelesaikan seluruh evaluasi program GSMS di Aceh Singkil.

Close Tutup Iklan