Iklan

Senin, 15 Juli 2024, 10.24.00 WIB
ACEH SINGKILADVPENDIDIKAN

Peningkatan Jumlah Peserta Didik Baru Menandai Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2024/2025

Iklan


Aceh Singkil - Pada hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2024/2025, peserta didik baru di Kabupaten Aceh Singkil terlihat sangat antusias. Kegiatan menyambut siswa baru diadakan di berbagai sekolah, termasuk UPTD SPF SD Negeri 2 Rimo di Kecamatan Gunung Meriah, Senin (15/7/2024).


Tahun ini, jumlah peserta didik baru di SD Negeri 2 Rimo mencapai 105 siswa, yang terbagi dalam tiga kelas. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 93 siswa. Kepala Sekolah SD Negeri 2 Rimo, Rika Rosari, menyatakan bahwa peningkatan jumlah siswa ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah.


Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut termasuk perkenalan diri, bermain, bernyanyi bersama, dan pembagian doorprize. Rika Rosari menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan ini bertujuan agar siswa baru merasa nyaman dan semangat pada hari pertama mereka memasuki sekolah dasar.


"Semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh siswa baru ini menunjukkan betapa pentingnya hari pertama sekolah dalam menciptakan kesan positif dan memotivasi mereka untuk memulai tahun ajaran baru dengan penuh semangat. Kegiatan-kegiatan seperti ini tidak hanya membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, tetapi juga membangun rasa kebersamaan dan semangat belajar sejak dini," jelas Rika.


Pj. Bupati Aceh Singkil, Azmi, juga mengapresiasi kegiatan ini dan menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka pada hari pertama sekolah. Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah mengimbau seluruh wali murid untuk secara langsung mengantarkan dan mendampingi anak-anak mereka. Hal ini bertujuan memberikan motivasi serta mendukung peserta didik baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, sehingga merasa lebih aman dan nyaman.


Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Aceh Singkil, Sriatun, menyatakan bahwa semua sekolah di daerah sudah mulai beraktivitas sesuai jadwal dan kalender pendidikan. Hingga kini, belum ada laporan mengenai kendala atau hambatan yang dihadapi sekolah-sekolah dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Lanjutan Menengah Pertama (SLTP) di Kabupaten Aceh Singkil.


Close Tutup Iklan