Iklan

Minggu, 14 Juli 2024, 08.56.00 WIB
ADVDinas Pendidikan Aceh SingkilPENDIDIKAN

Pj Kadis Disdikbud Aceh Singkil Imbau Wali Murid Antar Siswa Baru

Iklan


ACEH SINGKIL – Menindaklanjuti Surat Edaran Pj Gubernur Aceh Nomor 400.3/8112 tertanggal 12 Juli 2024 tentang Penerapan dan Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini/Raudhatul Athfal ke Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas Awal, Pj Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, Edy Widodo, mengimbau para orang tua untuk mengantar anak mereka pada hari pertama masuk sekolah SD/MI kelas awal. 14 Juli 2024.


Edy Widodo menyampaikan bahwa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kearifan lokal. Oleh karena itu, ia meminta kepada sekolah untuk melaksanakan pengenalan lingkungan belajar bagi peserta didik baru dengan didampingi orang tua atau wali.


“Pengenalan lingkungan sekolah ini bertujuan agar peserta didik merasa lebih nyaman dan aman saat berada di lingkungan sekolah yang baru,” kata Edy Widodo. “Hal ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru dengan lebih mudah dan lancar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik,” tambah Edy.


Dalam surat edarannya, Pj Gubernur Aceh, Bustami, juga meminta kepada sekolah untuk memiliki rancangan kegiatan pembelajaran guna mendapatkan gambaran awal tentang kemampuan peserta didik melalui asesmen awal. Hasil asesmen awal ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran selama tahun ajaran.


Lebih lanjut, Bustami meminta agar pembelajaran pada satuan PAUD/RA dan SD/MI kelas awal juga harus dilaksanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik sejak di PAUD/RA sampai dengan kelas 2 SD/MI. Satuan pendidikan perlu menyesuaikan layanannya agar dapat memfasilitasi peserta didik yang belum pernah mendapatkan pembinaan kemampuan melalui satuan PAUD/RA.


“Rangkaian praktik pembelajaran berupa buklet advokasi penguatan transisi PAUD/RA-SD/MI dapat diakses melalui tautan laman Kemendikbudristek s.id/booklet-transisipaudsd,” jelasnya.


Imbauan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta didik baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru dengan baik, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan efektif. Dukungan dari orang tua dan guru sangat diharapkan untuk mendukung keberhasilan transisi ini.

Close Tutup Iklan